Banner 468 x 60px

Wednesday 27 March 2013

Pengenalan Photo Shop

0 comments



Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak atau program yang bekerja pada system operasi  komputer. Program ini umumnya digunakan untuk memanipulasi gambar dan warna pada foto. Foto yang saya maksud di sini tentunya bukanlah foto yang sudah tercetak pada kertas, tapi masih berupa citra digital dengan ekstensi; jpeg, bmp, png, gif, tiff, eps, raw, psd, pcx, dan masih banyak lagi. Hampir semua ekstensi file foto bisa dibaca dan diolah pada Photoshop, kecuali beberapa ekstensi file buatan para kompetitor.Keberadaan Photoshop semakin popular setelah beralihnya dunia fotografi dari kamera roll film ke kamera digital. Saya ingat bahwa dulu saya harus minta tolong kepada tukang cuci cetak foto agar foto-foto saya yang under (kekurangan cahaya) dibuat menjadi lebih terang. Itu dulu saat kamera masih menggunakan film negatif. Sekarang, yang saya lakukan adalah memindahkan file foto dari kamera ke komputer, mengeditnya sesuka hati dengan Photoshop dan mencetaknya dengan printer foto Sebelum kita nencetak photo ada baiknya kita mengedit terlebih dahulu walaupun hanyalah sekedar menaik-turunkan brightness dan contrast (cahaya dan ketajaman). Apakah anda sekarang sudah mengerti tentang Photoshop dan kegunaanya? Apakah penjelasan saya cukup mudah dipahami? Jika ya, kita lanjutkan dengan Tutorial berikutnya.



ARTIKEL TERKAIT:

0 comments :

Post a Comment